Akta Pembuatan CV
Skor 0
by Febry Indra Gunawan Sitorus - 03/21/2017, 04:30

CV atau Comanditare Venootschap adalah bentuk usaha yang merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih oleh para pengusaha yang ingin melakukan kegiatan usaha dengan modal yang terbatas. Karena berbeda dengan PT yang mensyaratkan minimal modal dasar sebesar Rp. 50jt dan harus disetor ke kas perseroan minimal 25% nya, untuk CV tidak ditentukan jumlah modal minimal. Jadi, misalnya seorang pengusaha ingin berusaha di industri rumah tangga, percetakan, biro, jasa, perdagangan,catering, dll dengan modal awal yang tidak terlalu besar, dapat memilih CV sebagai alternatif Badan usaha yang memadai. Apakah bedaya CV dengan PT?

Perbedaan yang mendasar antara PT dan CV adalah, PT merupakan Badan hukum, yang dipersamakan kedudukannya dengan orang dan mempunyai kekuasaan yang terpisah dengn kekayaan pendirinya. Jadi, PT dapat bertindak keluar baik di dalam maupun dimuka pengailan sebagaimana halnya dengan orang, serta dapat memilii harta kekayaan sendiri. Sedangkan CV, dia merupakan Badan Usaha yang tidak berbadan hukum, dan kekayaan para pendirinya tidak terpisahkan dari kekayaan CV.

Kaakteristik CV yang tidak dimiliki Badan Usaha lainnya adalah: CV didirikan minimal oleh dua orang, dimana salah satunya akan bertindak sebagai persero aktif (persero pengurus) yang nantinya akan bergelar Direktur, sedangkan yang lan akan bertindak sebagai persero komanditer (Persero Diam). Seorang perserp aktif akan bertindak melakukan segala tindakan pengurusan atau perseroan; dengan demikian, dalam hal terjadi kerugian maka persero aktif akan bertanggung jawab secara penuh dengan seluruh harta pribadinya umtuk mengganti kerugian yang dituntut oleh pihak ketiga. Sedangkan untuk persero komanditer, karena dia hanya bertindak selaku sleeping partner, maka dia hanya bertanggung jawab sebesar modal yang disetorkannya ke dalam perseroan.

Perbedan lain yang cukup penting antara CV dan PT adalah, dalam melakukan penyetoran modal pendirian CV, didalam anggaran dasar tidak disebutkan pembagiannya seperti halnya PT. Jadi, para persero harus membuat kesepakatan sendiri mengenai hal tersebut, atau membuat catatan terpisah. Semua itu karena memang tidak ada pembagian kekayaan antara CV dengan kekayaan para perseronya.

BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN CV?

CV dapat didirikan dengan syarat dan prosedur yang lebih mudah daripada PT, yaitu hanya mensyaratkan pendirian oleh dua orang, dengan menggunakan akta Notaris yang berbahasa Indonesia. Walaupun dewasa ini pendirian CV mengharuskan adanya akta notaris, namun dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dinyatakan bahwa pendirian CV tidak mutlak harus dengan akta Notaris.

Pada saat para pihak sudah sepakat untuk mendirikan CV, maka dapat datang kekantor Notaris dengan membawa KTP. Untuk pendirian CV tidak diperlukan adanya pengecekan nama CV terlebih dahulu. Oleh karena itu prosesnya akan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan pendirian PT. Namum demikian, dengan tidak didahului pengecekan nama terlebih dahulu, menyebabkan nama CV sering sama antara satu dengan yang lainnya.

Pada waktu pendirian CV, yang harus dipersiapkan sebelum datang ke Notaris adalah adanya persiapan mengenai :

  1. Calon nama yang akan digunakan oleh CV tersebut.
  2. Tempat kedudukan dari CV tersebut.
  3. Siapa yang akan bertindak selaku persero aktif, dan siapa yang akaan bertindak selaku persero komanditer.
  4. Maksud dan tujuan yang spesifik dari CV tersebut.

Untuk menyatakan telah berdirinya suatu CV, sebenarnya cukup hanya dengan akta Notaris tersebut, namun untuk meperkokoh posisi CV tersebut,sebaiknya CV tersebut didaftarkan pada Pengadilan Negeri setempat dengan membawa kelengkapan berupa Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) dan NPWP atas nama CV yang bersangkutan.

Dibaca 406 kali
Dikategorisasi sebagai Hukum dan Masyarakat
Ditandai sebagai
Dilisensi sebagai Atribusi (CC BY)
Febry Indra Gunawan Sitorus Pemula di Hukumpedia.com

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara


Contact
Location Labuhan Batu Utara
Posts 5
2017-03-21 11:24:16
Pertanyaan mendasarnya, kenapa masih banyak yang menggunakan bentuk CV? kenapa bukan resume? maksudnya PT?
2017-04-30 19:45:49
Karena pendiriannya sederhana, tidak ada minimal uang perusahaan. Itu lah beberapa alasan mengapa masih banyak yang menggunakan CV
2017-03-21 11:14:14
ada minimal uang perusahaan gak sih?
2017-04-30 19:44:27
Di CV tidak ada aturan mengenai minimal uang perusahaan seperti yang telah tertulis dibagian awal artikel saya 😊
Topik Pilihan
Topik Terhangat
Artikel Hukumonline.com