Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang Damai untuk Mewujudkan Negara yang Damai
Skor 1
by Sugianto Sp Nadeak - 02/11/2018, 09:08

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan Negara hukum, dimana segalanya diatur dalam peraturan perundang-undangan agar warga negaranya tertib dan menghormati hukum maupun prosesnya.

Dalam tahun ini lebih menarik lagi panasnya pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) serentak. Semoga dalam Pemilukada serentak ini tidak dihebohkan dengan mencari kesalahan dari pasangan calon lainnya seperti yang pernah terjadi di DKI Jakarta karena adanya perkataan dari salah satu calon kepala daerah yang dianggap keliru bahkan ada juga yang telah menyalahkannya dan sebagiannya lagi malah menyatakan tidak keliru bahkan juga tidak salah. Semoga masyarakat Indonesia khususnya daerah yang sedang menyelenggarakan Pilkada telah belajar dari yang lalu serta telah sadar hukum agar mewujudkan Pilkada Damai.

Kemudian bagi kalangan elit politik maupun lainnya yang berkaitan dengan itu agar jangan membawa isu agama lagi supaya Negara ini tidak lebih memanas guna berjalannya Demokradi yang Damai menuju Pileg dan Pilpres Tahun 2019.

NKRI memiliki landasan sebagai negara yang berperan menciptakan perdamaian dunia dan bila dikaitkan dengan panasnya keadaan isu isu terdahulu dapat tercipta kondisi yang tidak damai serta dapat pula menjadi isu internasional. Kalaulah semua stakeholder tidak  berlebihan dalam mengedepankan kepentingan politik atau lehih mengedepankan kepentingan politiknya tetapi lebih dinamis tanpa isu isu sensitif pastinya tidak akan tercipta keadaan mayoritas kontra minoritas kedepannya.

Lebih penuh harapan agar tidak demikian karena apabila hal itu terjadi maka tidak tertutup terjadinya kejahatan HAM dan negara harus melindunginya bahkan juga dunia internasional juga melindungi kaum minoritas. Kiranya permasalahan ini jangan diperpanjang ataupun diperluas karena semua pihak siapa pun orangnya akan diproses secara hukum.

Untuk itu diharapkan agar diselesaikan secara damai demi tercapainya kerukunan umat beragama.

Dibaca 56 kali
Ditandai sebagai
Dilisensi sebagai Atribusi (CC BY)
Sugianto Sp Nadeak Pemula di Hukumpedia.com

Pengacara Probono..


Contact
Location Kota Medan
Posts 3
Topik Pilihan
Topik Terhangat
Artikel Hukumonline.com