Etika dalam Membuat Kontrak
Skor 0
by Ricky Pratomo - 12/25/2016, 11:02

 


Foto diunggah di akun Instagram @awkarin pada tanggal 20 Desember 2016 

Pada tanggal 20 Desember 2016, Karin Novilda melalui akun Instagram-nya (@awkarin) mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan proses tanda tangan kontrak (signing) antara CV Takis Entertainment dengan 2 (dua) talent barunya, yaitu Anya Geraldine (@anyageraldine) dan Syaima Salsabila(@syaimasalsabila) dalam sebuah Perjanjian Kerja Sama Bisnis ("Kontrak"). Lantas, apakah tindakan ini pantas atau sebaliknya, membawa moral hazard bagi diri mereka sendiri? Berikut ulasannya sekaligus beberapa catatan dari segi hukum.

  1. Syarat Kecakapan: Dari antara kedua talent baru tersebut, ternyata Syaima Salsabila adalah kelahiran tahun 1996, yang sudah pasti belum berumur 21 tahun, sehingga belum memenuhi syarat kedewasaan menurut Pasal 330 Burgelijk Wetboek (BW), kecuali jika sudah pernah menikah. Padahal, salah satu syarat sahnya perjanjian yang tercantum pada Pasal 1320 BW adalah kecakapan, dan salah satu kriteria ketidakcakapan adalah keadaan belum dewasa (Pasal 1330 BW). Dengan demikian, sebaiknya Kontrak tersebut ditandatangani oleh wali/pengampu-nya, misalnya orang tuanya. Apabila tidak, maka Kontrak tersebut dapat dibatalkan sewaktu-waktu.
  2. Kerahasiaan KontrakTidak jarang di dalam suatu kontrak mengandung klausula mengenai kerahasiaan informasi, baik yang ada di dalam kontrak maupun yang berkaitan dengan prestasi sebuah kontrak. Dengan disebarluaskannya isi Kontrak di Instagram sebagai sebuah wadah sosial-media, maka sudah pasti keberadaan Kontrak diketahui secara luas dan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan moral hazard bagi para pihak dalam Kontrak atau pihak ketiga di luar Kontrak. Ditambah lagi Kontrak tersebut disebarkan oleh pihak ketiga di luar kontrak, yakni pihak Karin Novilda.
  3. Ketidakjelasan Jabatan: Pada foto Kontrak yang diunggah, terlihat bahwa terdapat 2 (dua) orang yang mewakili CV Takis Entertainment, yakni Oka Mahendra Putra dan Samuel Alexander, tetapi tidak disebutkan jabatannya sebagai apa. Biasanya disebutkan apa jabatan penandatangan dan apakah pihak tersebut diberikan kewenangan untuk mewakili CV Takis Entertainment atau tidak agar tidak ada unsur penipuan.
  4. Peletakan Kolom Tanda Tangan Para Pihak: Lazimnya, kolom tanda tangan sebuah kontrak dibuat kiri dan kanan (sejajar) antara para pihak. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan sebuah kesetaraan posisi antara para pihak, sehingga tidak bersifat satu arah atau melambangkan adanya paksaan di antara para pihak. Namun demikian, ternyata Kontrak menggunakan kolom tanda tangan yang atas dan bawah. Tidak masalah, tetapi tidak lazim digunakan.

Demikian ulasan dari saya, semoga bermanfaat bagi semua pihak. Disclaimer: Artikel ini murni dibuat demi kepentingan pengetahuan hukum tanpa ada maksud merugikan pihak manapun. Terima kasih.

Dibaca 730 kali
Dikategorisasi sebagai Bisnis dan Ekonomi
Ditandai sebagai
Dilisensi sebagai Atribusi (CC BY)
Ricky Pratomo Pemula di Hukumpedia.com

Contact
Location Kabupaten Bekasi
Posts 2
2017-01-11 11:40:59
Coba mas diajarin mas yang bikin kontrak dan yang tanda tangannya mas, sama sekalian juga diajarin yang posting itu foto mas..
2017-01-11 10:35:24
Sumpah, yang bikin perjanjian, yang tanda tangan, sama yang nyebarin, sama pinternya sih
2016-12-27 22:27:22
Sayang yg buat kontrak mungkin bukan orang hukum kali yaakk
2016-12-27 17:57:21
ada hal2 yang dilupakan dalam kontrak, sayangnya yang prinsipil ya bang @rickypratomo ?
2017-01-12 13:47:05
wahhh enel ugak kak wakakak
2016-12-31 18:58:41
betul mas Anggara, memang perlu bantuan media seperti Hukumpedia untuk mendekatkan hukum dengan masyarakat awam
2016-12-27 14:55:44
Mungkin nggak pakai loyer ya bang?
2016-12-27 10:52:30
lahhh dia aja buat video asal2an yang penting money atau kontraknya dibuat asal2an biar nanti kalau gak laku bisa di kick gitu aja hahahhaa
2016-12-27 10:41:31
Whaaattttt?
kok mereka pinter ya?
Pertama, AG maupun SS belum 21 tahun dan tanda tangannya belum berlaku atas hukum, lalu?
Kedua, kontrak itu rahasia, kenapa di publish ya? kayaknya banyak konten viral lainnya yang pakai kontrak tapi gak di publish keleus.
Ketiga, yang tanda tangan gak ada jabatannya kali wakakakk hati2 modus penipuan.
Keempat, mungki biar bisa tanda tangan gede kali yak wakakakk..
2017-01-12 13:49:38
kebetulan saya pernah kepoin nonton videonya sih. DIbanding dengan vlog yang lain, kayaknya vlognya mbak satu itu agak kurang penting dan cari sensasi doang ya. Gak ada konten bermanfaat yang dia sebarkan. Justru dia mengajarkan bagaimana caranya berbuat tidak baik kepada penontonnya. Memang sih itu tergantung kita saja menanggapinya dengan cara yang bagaimana. Tapi sayangnya banyak anak sekolahan yang ngefans sama mbaknya dan menganggap kalau apa yang sudah mbaknya karyakan adalah bagus dan malah menjadi panutan, OMG!
2016-12-31 19:01:47
tidak apa bang yang penting nonton KVLOG 10 mba Karin dulu hehe
2016-12-27 10:35:38
Kok kontrak di upload sih? gak bener nih orang, gak tau asas kerahasiaan ya????
2016-12-27 10:33:49
gilllsssss bang lo update banget
2016-12-31 18:59:14
panjat sosial terus sampai naik status
Topik Pilihan
Topik Terhangat
Artikel Hukumonline.com