Kebijakan Layanan

Bagian I
Pengertian – Pengertian
 1 Hukumpedia.com adalah portal sosial yang dimiliki oleh PT Justika Siar Publika dan berlokasi di http://www.hukumpedia.com dan URL lainnya, aplikasi mobile, iframes, ataupun bentuk digital lainnya yang menampilkan hal yang sama dan/atau konten yang sama sebagai hukumpedia.com. Secara bersama – sama bentuk – bentuk tersebut dinyatakan sebagai platform hukumpedia.com.
 2 Portal hukumpedia.com adalah platform sosial yang dapat digunakan oleh para anggota hukumpedia.com untuk dapat mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya.
 3 Sahabat Hukumpedia, pada tahap keanggotaan tertentu, berhak untuk menghadiri pelatihan – pelatihan, acara – acara, dan kegiatan – kegiatan yang diadakan PT Justika Siar Publika atas undangan dari PT Justika Siar Publika.
 4 Sahabat Hukumpedia adalah orang – orang baik warga negara Indonesia dan/atau warga negara asing yang secara suka rela mendaftarkan diri melalui sistem Hukumpedia.com dan kemudian dapat menggunakan fasilitas yang tersedia dan melakukan aktifitas secara mandiri di Hukumpedia.com
 5 Pengguna Layanan adalah pengunjung dan/atau Sahabat Hukumpedia yang mengakses Hukumpedia.com
 6 Konten adalah seluruh data dan/atau informasi termasuk namun tidak terbatas pada bentuk berupa tulisan, gambar, suara, gambar dan suara, perangkat lunak, tags dan/atau bentuk – bentuk lainnya yang tampil atau didistribusikan melalui Hukumpedia.com.
   
Bagian II
Ketentuan Umum
 1 Ketentuan Layanan dalam Hukumpedia.com ini mengatur seluruh penggunaan termasuk namun tidak terbatas dari Hukumpedia.com, semua konten, layanan, dan produk yang terdapat di dalam ataupun disalurkan melalui Hukumpedia.com.
 2 Dengan mengunjungi dan/atau menggunakan layanan Hukumpedia.com, maka anda telah menyetujui dan tunduk pada ketentuan – ketentuan yang tercantum dalam Ketentuan Layanan ini. Pemilik Layanan berhak untuk mengubah Ketentuan Layanan ini dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna Layanan. Seluruh perubahan yang terjadi dalam Ketentuan Layanan ini akan diarsipkan oleh Pemilik Layanan untuk dapat dilihat sewaktu – waktu oleh Pengguna Layanan.
 3 Penggunaan Fasilitas dari Hukumpedia.com hanya dapat diakses oleh Sahabat Hukumpedia yang telah berusia 18 tahun. Pemilik Layanan berhak menolak untuk melayani siapapun tanpa kecuali dan tanpa peringatan untuk alasan apapun.
 4 Hukumpedia.com merupakan layanan gratis untuk komunikasi, mengekspresikan diri, dan kebebasan berpendapat. Pemilik Layanan percaya bahwa Hukumpedia.com akan mempunyai peran untuk meningkatkan ketersediaan informasi, menjunjung perdebatan yang sehat serta bermutu, dan membuat jejaring hubungan baru antar manusia terutama di Indonesia.
 5 Pemilik Layanan selalu menganjurkan dan mendukung kebebasan berekspresi dari Sahabat Hukumpedia dengan tetap meminta Sahabat Hukumpedia untuk selalu memperhatikan ketentuan – ketentuan hukum Internasional yang diakui dan berlaku di negara Republik Indonesia dan ketentuan – ketentuan hukum nasional yang berlaku.
 6 Pemilik Layanan menghargai kepemilikan Konten dari Sahabat Hukumpedia dan tanggung jawab Sahabat Hukumpedia untuk Konten yang distribusikan di Hukumpedia.com. Pemilik Layanan percaya bahwa melakukan sensor terhadap Konten justru tidak sesuai dengan layanan berlandaskan pada kepercayaan terhadap kebebasan ekspresi.  
 7 Untuk dapat mempertahankan nilai-nilai ini, kami memandang bahwa perlu untuk menghindari penyalahgunaan yang dapat mengancam kemampuan Pemilik Layanan untuk menyediakan Hukumpedia.com. Untuk itu tentu diperlukan batasan tertentu terhadap Konten yang bisa dikirimkan oleh Pengguna. Batasan tersebut kami definisikan sesuai dengan batasan hukum Internasional yang diakui dan berlaku di negara Republik Indonesia dan ketentuan – ketentuan hukum nasional yang berlaku dan hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan layanan secara keseluruhan.
Bagian III
Penggunaan Fasilitas
 1 Untuk dapat menggunakan fasilitas Hukumpedia.com anda wajib mendaftarkan diri sebagai Sahabat Hukumpedia dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di Hukumpedia.com. Sahabat Hukumpedia menyetujui untuk mengisi informasi yang benar, akurat, terkini, dan sempurna tentang diri Sahabat Hukumpedia sebagaimana tersedia pada formulir pendaftaran.
 2 Jika anda menggunakan Hukumpedia.com maka anda harus memastikan telah mencapai umur yang layak dan tidak dalam kondisi yang dilarang menurut hukum Indonesia ataupun hukum negara lain untuk dapat mengikatkan diri pada suatu perjanjian.
 3 Hukumpedia.com merupakan bagian dari hukumonline.com dan Sahabat Hukumpedia dapat menggunakan akunnya di Hukumpedia.com untuk mengakses aplikasi situs terpadu lainnya yang terdapat dalam lingkungan hukumonline.com.
 4 Jika Sahabat Hukumpedia memberikan informasi data diri Sahabat Hukumpedia secara tidak benar, tidak akurat, data lama, ataupun tidak sempurna atau apabila Pemilik Layanan memiliki dugaan kuat berdasarkan bukti dan informasi yang cukup bahwa data yang diisikan pada Formulir bukan data terkini, tidak lengkap atau tidak benar, maka Pemilik Layanan, memiliki hak penuh dan atas pertimbangannya sendiri, berhak untuk memperingatkan Anggota agar memperbaiki data pada Formulir dan/atau membekukan status Sahabat Hukumpedia dan/atau menghentikan status Sahabat Hukumpedia pada Hukumpedia.com.
   
Bagian IV
Kebijakan Perlindungan Data Pribadi
 1 Pemilik Layanan akan selalu mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat untuk melindungi data dari akses tidak sah dan/atau pengubahan tidak sah, pengungkapan dan/atau pengrusakan. Hal ini mencakup pada melakukan tinjauan pada internal Pemilik Layanan untuk proses pengumpulan, penyimpanan dan pemrosesan, dan tindakan keamanan data kami, termasuk di antaranya enkripsi yang sesuai dan tindakan keamanan fisik untuk menjaga dari akses tanpa izin ke sistem tempat Pemilik Layanan menyimpan data pribadi Sahabat Hukumpedia.
 2 Pemilik Layanan membatasi akses ke data pribadi kepada para karyawan, dan/atau kontraktor dan/atau agen dari Pemilik Layanan yang perlu mengetahui informasi tersebut untuk memprosesnya atas nama kami. Setiap orang atau kelompok orang tersebut terikat oleh kewajiban kerahasiaan dan dapat dikenai tindakan disiplin, termasuk di antaranya pemecatan dan tuntutan hukum, apabila gagal memenuhi kewajiban ini.
 3 Pemilik Layanan akan selalu melakukan peninjauan secara periodik pada kepatuhan terhadap Kebijakan Perlindungan Data Pribadi ini. Saat Pemilik Layanan menerima keluhan tertulis resmi dari Pengguna, maka Pemilik Layanan berkewajiban untuk menghubungi Pengguna mengenai keluhannya.
 4 Kebijakan Perlindungan Data Pribadi ini dapat berubah dari waktu ke waktu. Pemilik Layanan tidak akan mengurangi hak Sahabat Hukumpedia berdasarkan Kebijakan Perlindungan Data Pribadi ini tanpa persetujuan tertulis dari Sahabat Hukumpedia. Pemilik Layanan akan mengirimkan perubahan apapun sepanjang mengenai Kebijakan Perlindungan Data Pribadi pada Hukumpedia.com dan Pemilik Layanan akan memberikan pemberitahuan melalui surat elektronik dengan cara yang patut dan layak menurut hukum jika perubahan pada Kebijakan Perlindungan Data Pribadi cukup penting. Pemilik Layanan akan selalu menyimpan versi sebelumnya dari Kebijakan Perlindungan Data Pribadi ini dalam arsip.
 5 Sahabat Hukumpedia menyetujui bahwa Pemilik Layanan berhak untuk menggunakan dan/atau mempublikasikan data olahan yang di dapat dari data pribadi Sahabat Hukumpedia untuk kepentingan dan tujuan – tujuan komersial ataupun untuk kepentingan dan tujuan – tujuan non komersial.
 6 Apabila terdapat permintaan dari aparat penegak hukum mengenai data pribadi Sahabat Hukumpedia, maka Pemilik Layanan, sesuai ketentuan Hukum Acara yang berlaku di Indonesia, akan menyerahkan data pribadi Sahabat Hukumpedia tersebut apabila terdapat perintah pengadilan yang secara spesifik meminta Pemilik Layanan untuk membuka data pribadi Sahabat Hukumpedia.
 7 Penyerahan data pribadi untuk kepentingan hukum tersebut, hanyalah data pribadi Sahabat Hukumpedia yang memang dimintakan atau terkait langsung dan secara spesifik tertera pada perintah Pengadilan tersebut. Pemilik Layanan menjamin tidak akan membuka data pribadi Sahabat Hukumpedia lainnya yang tidak mempunyai kaitan langsung atau dimintakan oleh perintah Pengadilan tersebut.
 8 Sahabat Hukumpedia wajib memelihara dan menjaga kerahasiaan kata sandi (password) dan akun (username) pada Hukumpedia.com dan Sahabat Hukumpedia wajib segera menyampaikan pemberitahuan kepada Pemilik Layanan apabila kata kunci dan akun yang dimiliki oleh Sahabat Hukumpedia dipergunakan oleh pihak lain secara tidak sah dan melawan hukum.
 9 Sahabat Hukumpedia menyetujui bahwa Pemilik Layanan tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas segala kerusakan atau kerugian yang timbul akibat kelalaian Sahabat Hukumpedia untuk menjaga kerahasiaan.
   
Bagian V
Kebijakan Konten
 1 Pengguna dan/atau Pengguna Layanan setuju untuk menerima Kebijakan Konten Hukumpedia.com dan peraturan serta batasan yang ada di dalamnya. Pengguna dan/atau Pengguna Layanan menyetujui bahwa Pengguna dan/atau Pengguna Layanan akan secara berkala meninjau perubahan terkini. Pengguna dan/atau Pengguna Layanan juga menyetujui bahwa Pemilik Layanan memiliki hak penuh, menurut kebijakan dan pertimbangan sendiri, untuk mengubah Kebijakan Konten kapanpun dan Pengguna dan/atau Pengguna Layanan menyetujui untuk terikat pada perubahan – perubahan tersebut. Pemilik Layanan akan berusaha memberitahu Pengguna ketika ada perubahan besar pada Kebijakan Konten dari Hukumpedia.com.
 2 Pengguna menyetujui bahwa Pengguna bertanggung jawab secara penuh atas segala kegiatan yang terjadi atas penggunaan akun Pengguna tersebut dan tindakan dan/atau kegiatan lainnya yang muncul sehubungan dengan penggunaan akun di dalam Hukumpedia.com. Pengguna sama sekali tidak dibenarkan menerangkan dan/atau menggunakan kata - kata kunci tertentu yang dapat menyesatkan atau melanggar hukum dalam konten yang dibuat termasuk setiap tindakan dan/atau kegiatan untuk menyerang kehormatan dan nama baik orang lain.
 3 Pengguna dan/atau Pengguna Layanan menyetujui untuk melepaskan Pemilik Layanan dari pertanggungjawaban hukum atas segala konten yang dibuat oleh Pengguna dan juga menyetujui untuk melepaskan Pemilik Layanan dari pertanggungjawaban hukum dari kerugian yang mungkin timbul atas konten yang dibuat oleh Pengguna.
 4 Konten yang tersedia di Hukumpedia.com adalah disediakan oleh dan merupakan tanggung jawab Pengguna yang mengirimkan Konten tersebut. Pemilik Layanan tidak memonitor konten di Hukumpedia.com dan tidak bertanggung jawab untuk konten semacam itu. Pemilik Layanan hanya memberikan akses ke konten sebagai layanan untuk Pengguna dan/atau Pengguna Layanan.
 5 Pemilik Layanan tidak menyarankan, mendukung, mewakili atau menjamin kebenaran, akurasi, dan kepercayaan dari Konten apapun yang ditampilkan melalui Hukumpedia.com atau mendukung pendapat tertentu yang didistribusikan melalui Hukumpedia.com.
 6

Apabila Pengguna membuat dan/atau mengirimkan konten, memberikan komentar pada suatu konten, memberikan dan/atau mengirimkan tautan pada Konten di Hukumpedia.com, atau dengan cara lain membuat atau membolehkan Konten pihak ketiga menjadi dapat diakses di Hukumpedia.com, maka Pengguna sepenuhnya bertanggungjawab atau konten tersebut dan juga kemungkinan kerugian dan implikasi yang timbul dari Konten tersebut. Hal tersebut termasuk juga apabila di dalam Konten tersebut tersedia dan/atau terdapat tulisan, gambar, suara, gambar dan suara, atau perangkat lunak komputer. Dengan membuat Konten tersebut tersedia dan dapat diakses, maka Pengguna telah menyetujui bahwa:

  • Proses akses, mengunggah, mengunduh, melakukan duplikasi, dan penggunaan konten tidak akan melanggar ketentuan Hak atas Kekayaan Intelektual, termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta, paten, merek, atau hak atas rahasia dagang dari pihak ketiga;
  • Jika Pengguna berstatus sebagai pekerja dari suatu Perusahaan dan Pengguna akan menggunakan, mengirimkan, dan/atau menampilkan konten dari Perusahaan dimana Pengguna bekerja maka Pengguna harus memastikan bahwa Pengguna telah memperoleh ijin dari Perusahaan untuk mengirimkan dan/atau menampilkan konten tersebut di Hukumpedia.com dan Pengguna menyetujui segala tindakan Pengguna terhadap konten yang berhubungan dengan hak atas kekayaan intelelektual dari Perusahaan dimana Pengguna bekerja adalah tanggung jawab pribadi dari Pengguna;
  • Konten tidak berisi virus, worms, malware, kuda Trojan, atau hal – hal lain yang secara teknis berbahaya atau membahayakan perangkat elektronik;
  • Konten bukan spam atau tidak dikumpulkan secara acak oleh suatu mesin dan tidak mengandung konten yang tidak etis atau konten komersial yang tidak diinginkan karena dirancang untuk mengejar lalu lintas data ke situs pihak ketiga atau menaikkan ranking mesin pencari ke situs pihak ketiga atau melakukan kegiatan phising dan/atau spoofing;
  • Konten tidak berisi hal – hal yang mengandung muatan penghinaan atau pencemaran, perjudian, pornografi, tidak mengandung pemerasan, ancaman atau menyebarkan ancaman kekerasan terhadap orang lain atau kelompok lain, termasuk permusuhan berdasarkan SARA, dan berita yang menyesatkan.
  • Konten tidak melanggar data pribadi atau hak publikasi dari pihak ketiga;
  • Konten tidak berisi hal yang dilarang untuk dipublikasikan oleh Pengguna berdasarkan perjanjian dengan pihak lain;
  • Konten tidak berisi informasi yang dapat dikategorikan sebagai informasi yang tidak boleh diketahui oleh publik sebagaimana dimaksud dalam UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  • Konten tidak berisi informasi yang harus dirahasiakan berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal; dan Konten tidak berisi iklan atau promosi produk barang atau jasa.

 7 Pemilik Layanan tidak melakukan penilaian dan tidak dapat melakukan penilaian terhadap seluruh Konten yang dikirimkan dan/atau ditampilkan di Hukumpedia.com oleh Pengguna dan oleh karenanya tidak bertanggung jawab atas Konten tersebut, baik penggunaannya maupun akibat yang ditimbulkannya. Pemilik Layanan hanya bertindak untuk mengoperasikan Hukumpedia.com dan tidak dapat mewakili atau mengakibatkan dapat diasumsikan bahwa Pemilik Layanan mendorong Konten yang ditampilkan. Pemilik Layanan dengan niat baik berasumsi bahwa Konten yang dikirimkan oleh Pengguna dan ditampilkan di Hukumpedia.com adalah akurat, berguna, tidak berbahaya, dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.
8 Pengguna Layanan bertanggungjawab untuk mengambil tindakan-tindakan yang perlu untuk melindungi diri dan sistem komputer dari Pengguna Layanan dari virus, worms, kuda Trojan, dan dari konten yang berbahaya.
 9 Hukumpedia.com mungkin memiliki Konten yang menyerang, tidak pantas, atau diragukan, serta Konten yang mengandung ketidak akuratan teknis, kesalahan pengetikan, dan juga kesalahan – kesalahan lain. Hukumpedia.com juga mungkin memiliki Konten yang melanggar perlindungan diri pribadi atau melanggar hak atas kekayaan intelektual dari pihak ketiga dimana mengunduh, menduplikasi, atau penggunaannya diatur dalam syarat dan ketentuan, baik dinyatakan secara eksplisit ataupun secara implisit, oleh pihak ketiga. Pemilik Layanan menyatakan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari penggunaan Hukumpedia.com oleh Pengguna Layanan atau dari proses mengunduh yang dilakukan oleh Pengguna Layanan atas Konten yang ditampilkan di Hukumpedia.com
 10 Pengguna menyetujui bahwa Pemilik Layanan memiliki hak, berdasarkan pertimbangan sendiri, untuk menolak atau menghapus setiap konten, yang berdasarkan pendapat yang wajar dari Pemilik Layanan dan pertimbangan dari Editor Board, telah melanggar Ketentuan Layanan ini.
 11 Pengguna menyetujui bahwa Pemilik Layanan memiliki hak untuk menghentikan atau menolak akses dari Pengguna untuk menggunakan Hukumpedia.com. Pemilik Layanan tidak memiliki kewajiban untuk memberikan ganti rugi terhadap Pengguna apabila Pemilik Layanan menghentikan atau menolak akses dari Pengguna untuk menggunakan Hukumpedia.com.
   
Bagian VI
Kebijakan Hak atas Kekayaan Intelektual dari Pemilik Layanan
 1 Pengguna Layanan mengakui bahwa Pemilik Layanan memiliki semua hak di dalam layanan Hukumpedia.com termasuk semua Hak atas Kekayaan Intelektual termasuk namun tidak terbatas, pada logo, merek, tampilan, dan kode sumber yang terdapat dalam situs hukumpedia.com.
 2 Pemilik Layanan menyatakan tidak ada kepemilikan atau kontrol apa pun terhadap Konten mana pun, yang diserahkan, dikirimkan atau ditayangkan oleh Pengguna. Pengguna menyatakan bahwa Pengguna telah memiliki semua lisensi, paten, merek dagang, dan hak milik atas Konten yang Pengguna berikan, kirimkan, atau tayangkan sendiri melalui Hukumpedia.com. Pengguna bertanggung jawab untuk melindungi sendiri hak tersebut.
 3 Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna memiliki semua hak, kekuasaan dan otoritas yang diperlukan untuk diserahkan, dikirimkan atau ditayangkan atas Konten yang ada di hukumpedia.com.
 4 Kecuali diijinkan secara tertulis oleh Pemilik Layanan, Pengguna Layanan setuju untuk tidak mereproduksi, menduplikasi, menyalin, menjual, memperdagangkan, menjual kembali, atau mengeksploitasi untuk keperluan komersial (a) bagian manapun dari Layanan, (b) penggunaan layanan, atau (c) akses terhadap Layanan.
 5 Dengan Pengguna mengirimkan Konten ke Hukumpedia.com, Pengguna memberikan hak, ijin, dan tanpa royalti kepada Pemilik Layanan untuk dapat mereproduksi, memodifikasi, menggunakan, dan menampilkan Konten dan/atau saluran distribusi konten lainnya yang dimiliki dan/atau dikelola oleh Pemilik Layanan. Selain itu Pengguna menyetujui bahwa Pemilik Layanan diperkenankan yang bebas royalti dan tanpa batas wilayah, untuk menampilkan, memodifikasi, atau memperbanyak Konten pada Hukumpedia.com untuk kepentingan promosi Hukumpedia.com. Hak yang diberikan kepada Pemilik Layanan tersebut akan berakhir apabila status Pengguna berakhir di Hukumpedia.com baik atas kemauan sendiri ataupun atas kebijakan Pemilik Layanan.
   
Bagian VII
Kebijakan Lisensi Hak Cipta atas Konten Pengguna
 1 Pemilik Layanan dengan ini secara resmi menggunakan lisensi hak cipta atas konten dari Pengguna yang didasarkan atas jenis – jenis lisensi yang terdapat dalam Creative Commons
 2 Jenis – jenis lisensi Creative Commons yang dapat digunakan untuk setiap konten yang dikirimkan, ditayangkan atau ditampilkan dalam hukumpedia.com adalahatribusi, atribusi berbagi serupa, atribusi non komersial, dan atribusi non komersial berbagi serupa.
 3 Pengguna dapat memilih salah satu jenis lisensi untuk setiap konten yang diproduksi, dikirimkan, ditayangkan, atau ditampilkan dalam hukumpedia.com
 4 Pengguna setuju bahwa Pemilik Layanan menetapkan kebijakan khusus untuk menerapkan lisensi hak cipta dengan jenis atribusi, apabila Pengguna tidak memilih jenis lisensi yang akan digunakan untuk konten yang diproduksi, dikirimkan, ditayangkan, atau ditampilkan dalam hukumpedia.com Pengguna setuju bahwa Pemilik Layanan menetapkan kebijakan khusus untuk menerapkan lisensi hak cipta dengan jenis atribusi, apabila Pengguna tidak memilih jenis lisensi yang akan digunakan untuk konten yang diproduksi, dikirimkan, ditayangkan, atau ditampilkan dalam hukumpedia.com
   
Bagian VIII
Penegakkan terhadap Kebijakan Konten dan Kebijakan Hak atas Kekayaan Intelektual dalam Editor Board
 1 Untuk menangani Pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan ini maka Pemilik Layanan akan membentuk Editor Board untuk menangani setiap dugaan pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan ini baik yang dilaporkan oleh Pengguna dan/atau Pengguna Layanan ataupun atas pertimbangan sendiri dari Pemilik Layanan.
 2 Untuk konten yang diduga melanggar Ketentuan Layanan, Pemilik Layanan wajib menutup konten yang diduga melanggar
 3 Pemilik Layanan akan menyediakan sistem komunikasi khusus dalam Hukumpedia.com untuk melaporkan Konten yang diduga melanggar Ketentuan Layanan. Pemilik Layanan dalam waktu 1 hari kerja wajib menyampaikan Laporan atas dugaan pelanggaran Ketentuan Layanan kepada Editor Board
 4 Editor Board dalam waktu 3 hari kerja wajib mengirimkan surat elektronik kepada Pengguna untuk meminta tanggapan Pengguna terhadap Laporan atas Dugaan Pelanggaran Ketentuan Layanan. Pengguna mempunyai waktu 3 hari kerja untuk mengirimkan tanggapan kepada Editor Board melalui surat elektronik.
 5 Dalam hal Pengguna mengirimkan tanggapannya, Editor Board wajib memeriksa dan memutus dugaan pelanggaran tersebut dalam waktu 3 hari kerja dan segera menyerahkan keputusannya kepada Pemilik Layanan
 6 Dalam hal Pengguna, setelah diberikan kesempatan yang cukup namun tidak mengirimkan tanggapannya, Editor Board wajib memeriksa dan memutus dugaan pelanggaran tersebut dalam waktu 3 hari kerja dan segera menyerahkan keputusannya kepada Pemilik Layanan.
 7 Keputusan Editor Board tersebut dapat berupa : Konten dinyatakan tidak melanggar Ketentuan Layanan dengan permintaan kepada Pemilik Layanan untuk pencabutan penutupan Konten; atauo Konten dinyatakan melanggar Ketentuan Layanan dengan permintaan kepada Pemilik Layanan agar melakukan
 8 Penurunan/Penghapusan Konten; dan/atau Pembekuan status Pengguna selama kurun waktu tertentu; dan/atau Pencabutan Status Pengguna
   
Bagian IX
Perlindungan Terhadap Pemilik Layanan Terhadap Kemungkinan Kerugian
  Pengguna menyetujui untuk tidak menuntut Pemilik Layanan ataupun terhadap anak perusahaan, petugas, karyawan, agen, dan pegawai dari Pemilik Layanan terhadap klaim pihak ketiga karena atau yang berhubungan dengan penggunaan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada tanggung jawab atau biaya yang berasal dari klaim, kerugian, kerusakan (langsung dan tidak langsung), tuntutan, peradilan, biaya ligitasi, dan biaya pengacara.
   
Bagian X
Hukum yang Berlaku.
  Ketentuan Layanan ini diatur dan harus ditafsirkan serta dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.
   
Bagian XI
Penyelesaian Perselisihan.
  Pemilik Layanan dan/atau Pengelola Layanan dan Pengguna setuju bahwa segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Ketentuan Layanan ini yang tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mufakat akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.