Kebijakan Editorial

Prinsip Prinsip Konten dan Editorial

Prinsip Independensi

Independensi adalah dasar bagi hukumpedia.com. Hukumpedia.com berkomitmen untuk terus menerus berupaya mencapai standar tinggi atas independensi. Setiap konten yang dipublikasikan melalui hukumpedia.com sedapat mungkin bersandar pada prinsip independensi ini..

Prinsip Pertukaran Ide

Sebagai portal sosial, hukumpedia.com percaya bahwa cara untuk menemukan kebenaran yang paling baik adalah melalui pertukaran ide dan gagasan melalui pasar dengan tanpa halangan. Pertukaran arus informasi yang bebas haruslah dijamin tidak hanya dalam tingkat gagasan namun juga pada praktek. Untuk itu, hukumpedia.com dengan segala upaya akan mendorong lalu lintas pertukaran ide dan gagasan yang terbuka bagi semua warga Negara Indonesia pada platformnya.

Prinsip Akurasi

Hukumpedia.com percaya bahwa kebenaran akan selalu bergantung pada tempat dan waktu, untuk itu kebenaran tidaklah tunggal apalagi mutlak, namun dibutuhkan usaha dan upaya yang keras untuk mendekati kebenaran. Upaya dan usaha untuk mendekati kebenaran adalah melalui konten yang cukup akurat. Akurasi tidak hanya masalah mendapatkan fakta yang benar, namun kami juga berupaya agar dapat mengembangkan kapasitas dari para Sahabat Hukumpedia untuk mendapatkan fakta dan informasi yang relevan untuk mendekatkan kepada kebenaran.

Prinsip Integritas

Hukumpedia.com adalah independen dari kepentingan pihak lain dan kami akan berupaya keras untuk menjaga integritas dari kebijakan editorial hukumpedia.com. Sahabat Hukumpedia dan Pembaca hukumpedia.com harus diupayakan agar percaya bahwa keputusan – keputusan yang diambil oleh hukumpedia.com terkait dengan konten tidaklah dipengaruhi oleh kepentingan politik ataupun ekonomi, atau kepentingan pribadi.

Prinsip Keadilan

Tujuan kami didasarkan pada keadilan, keterbukaan, dan kejujuran. Oleh karena itu seluruh Sahabat Hukumpedia dan pembaca hukumpedia.com akan diperlakukan dengan hormat.

Prinsip Perlindungan Privasi

Hukumpedia.com akan melindungi privasi dari Sahabat Hukumpedia dan pembaca hukumpedia.com. Kami tidak akan melakukan pelanggaran privasi tanpa ada alasan sah yang dibenarkan menurut hukum.

Prinsip Akuntabilitas

Hukumpedia.com dan juga Sahabat Hukumpedia akan terbuka mengakui jika ada kesalahan dan akan mendorong adanya iklim dan budaya untuk secara terbuka belajar dari kesalahan – kesalahan tersebut.

Prinsip “do no harm”

Hukumpedia.com dan Sahabat Hukumpedia akan berupaya keras untuk meyakini dan berupaya bahwa setiap konten yang dipublikasikan melalui hukumpedia.com tidak menyebabkan kerugian bagi pihak lain. Untuk itu, hukumpedia.com akan menyeimbangkannya dengan aspek kepentingan umum untuk melakukan penilaian secara terus menerus terhadap prinsip ini.

Prinsip Intervensi Minimal

Hukumpedia.com mempercayai pertukaran gagasan, namun demikian terkadang pertukaran gagasan melalui pasar juga dapat menimbulkan gangguan – gangguan tertentu. Sedapat mungkin hukumpedia.com tidak akan melakukan intervensi terhadap pertukaran gagasan. Intervensi baru akan dilakukan apabila ada pengaduan yang cukup signifikan dari Sahabat Hukumpedia ataupun pembaca lainnya. Keputusan – keputusan yang diambil terhadap gangguan – gangguan yang muncul akibat lalu lintas gagasan yang tersedia di pasar akan tetap dikonsultasikan secara terus menerus dengan Editor Board.