F.A.Q.

Registrasi / Pendaftaran

 

 

 

KONTEN

Sahabat Hukumpedia dimudahkan untuk dapat membuat dikonten hukumpedia, yang bisa berupa tulisan, foto, audio, video, atau gabungan dari dua atau lebih jenis konten

 

Bagaimana cara membuat konten di hukumpedia?

Membuat konten di hukumpedia sama halnya dengan membuat konten di blog ataupun di media sosial pada umumnya.

 

Bisakah saya menaruh foto di hukumpedia?

Bisa banget, kalau Sahabat Hukumpedia mau gambar ke dalam konten. Pertama-tama di menu toolbar pilih Add Media, upload gambar, ke menu galeri, pilih gambar, dan pilih menu tambahkan ke artikel

 

Kalau Cropping Gambar Bisa Nggak?

Jika Sahabat Hukumpedia ingin cropping gambar, di menu toolbar pilih Add Media, upload gambar, ke menu galeri disebelah kanan ada kotak kecil berwarna biru, klik kotak biru dan Sahabat Hukumpedia bisa cropping gambar.

 

Kalau saya mau naruh dokumen dalam bentuk doc, pdf atau yang lainnya bisa nggak?

Situs Hukumpedia saat ini tidak bisa digunakan untuk menyimpan file doc, pdf, dan lain-lain tapi Sahabat Hukumpedia bisa menaruh link dokumen tsb.

 

Saya mau naruh Video atau Audio bisa nggak?

Sahabat Hukumpedia hanya diperkenankan melakukan embed script atau URL dari video ataupun audio di Hukumpedia.

 

Akses internet saya jelek, kadang susah kalau mau login, ada cara lain nggak?

Silahkan gunakan fasilitas post by email. Setelah Sahabat Hukumpedia terdaftar, Sahabat Hukumpedia akan diberikan email khusus, yaitu email untuk mengirimkan konten ke Hukumpedia. Setiap Sahabat Hukumpedia akan memiliki email unik yang di generate oleh system.

 

Wah menarik, gimana caranya saya tahu email itu?

Email khusus ini berada di dashboard panel Sosial Media.   Sahabat Hukumpedia bisa mengcopy email khusus dan menyimpannya di note atau kontak handphone. Cara mengirim konten melalui fasilitas post by email sama seperti menulis email pada umumnya. Subject email akan menjadi judul dan badan email akan jadi tulisan di badan konten.

Yang harus diperhatikan, Sahabat Hukumpedia masih harus merapikan artikel yang dikirim melalui fasilitas post by email tersebut 

 

Apa Kegunaan kategori pada konten?

Kategori pada dashboard tulisan berguna untuk memudahkan pengelompokan konten pada kategori – kategori tertentu

 

Apa kegunaan Tandai ?

Tandai (tagging) atau kita lebih mengenalnya dengan “kata kunci”, kegunaanya untuk memudahkan Mesin Pencari HukumOnline agar konten mudah ditemukan.

 

Apa Kegunaan Waktu Tayang? 

Sahabat Hukumpedia bisa menentukan sendiri kapan konten milik Sahabat Hukumpedia akan tayang, ada dua pilihan, yaitu; sekarang dan terjadwal.

 

 Kegunaan Artikel Pilihan

Ini mirip dengan HeadLine, jadi Sahabat Hukumpedia menentukan artikel mana yang menurut Sahabat Hukumpedia yang dapat ditambilkan sebagai “HeadLine” di halaman profil milik Sahabat Hukumpedia

 

Hukumpedia menggunakan lisensi hak cipta apa saja?

Di Hukumpedia, kami menekankan pentingnya menghormati hasil karya orang lain dan juga mendukung pengetahuan bebas.

 

Hukumpedia mempunyai 4 linsesi cipta dengan menggunakan lisensi CreativeCommons :

CC BY (CC Atribusi), Sahabat Hukumpedia harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Sahabat Hukumpedia dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung atau penggunaan Sahabat Hukumpedia.

CC BY – SA     CC Atribusi – Berbagi Serupa, Apabila Sahabat Hukumpedia menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Sahabat Hukumpedia harus menyebarluaskan kontribusi Sahabat Hukumpedia di bawah lisensi yang sama dengan materi asli. 

CC BY – NC : CC Atribusi – Non Komersial, Sahabat Hukumpedia tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial.

CC BY – NC – SA : CC Atribusi – Non Komersial – Berbagi Serupa, Sahabat Hukumpedia tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial, Apabila Sahabat Hukumpedia menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Sahabat Hukumpedia harus menyebarluaskan kontribusi Sahabat Hukumpedia di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.

 

PANEL 

Apa Fungsi Panel Trending Saat Ini ?

Trending saat ini adalah konten yang banyak dilihat perharinya dari seluruh Sahabat Hukumpedia.

 

Rekomendasi Konten, Apa itu?

Hukumpedia merekomendasikan konten Sahabat Hukumpedia lain di panel, jadi Sahabat Hukumpedia bisa membaca atau terinspirasi dari artikel lain .

 

Banyak dikomentari 

Konten yang direkomendasikan hukumpedia berdasarkan artikel yang paling banyak dikomentariikan, Jadi kita tidak usah bingung jika ingin berinteraksi dengan Sahabat Hukumpedia yang lain.

 

Banyak dibagikan

Panel tersebut untuk pemberitahuan mengenai konten apa saja yang banyak dibagikan oleh Sahabat Hukumpedia.

 

Statistik

Di panel statistik Sahabat Hukumpedia bisa melihat aktivitas Sahabat Hukumpedia seperti: jumlah dilihat hari ini, jumlah pengunjung   yang melihat artikel kita, jumlah dilihat tertinggi, keseluruhan artikel yang paling banyak dilihat, jumlah dilihat keseluruhan, trending Saat Ini, top artikel, Website Referal dan klik.

 

Top Artikel

Top Artikel adalah seluruh konten Sahabat Hukumpedia yang banyak dilihat perharinya dari user lain.

 

Apa Fungsi lini masa? 

Lini masa adalah daftar artikel dari Sahabat Hukumpedia yang diikuti. Kamu cukup meng klik follow di profile user yang ingin diikuti

 

Bagaimana Cara membuat Aliansi/grup?

Sahabat Hukumpedia hanya bisa membuat aliansi jika sudah menjadi pegiat dan sudah mengunggah identitas diri berupa KTP, KTM, SIM, atau Paspor. Pembuat aliansi berhak memilih admin aliansi tersebut. Admin juga berhak memilih anggota aliansi, anggota diizinkan untuk memilih bersedia atau tidak menjadi angota aliansi.

 

KOMENTAR

Komentar dihukumpedia dibagi menjadi 2 yaitu;

1. Komentar via Hukumpedia 

Sahabat Hukumpedia bisa memberikan komentarnya dengan melakukan log in terlebih dahulu. 

2. Komentar via Facebook

Komentar via Facebook ini, yang boleh komentar adalah semua netizen yang mempunyai akun facebook.

 

Apakah Saya bisa membalas komentar via Email?

Sahabat Hukumpediaakan dikirimkan email pemberitahuan komentar jika ada user yang mengomentari konten atau membalas komentar kamu di artikel dari Sahabat Hukumpedia yang lain. Untuk bisa membalas komentar via email silahkan balas email pemberitahuan yang dikirimkan.

 

Adakah fitur pesan di Hukumpedia?

Hukumpedia juga dilengkapi dengan fitur pesan. Jadi, Sahabat Hukumpedia bisa bebas berinteraksi secara personal dengan user hukumpedia lainnya.

 

Apa itu peringkat di hukumpedia?  

Fitur peringkat adalah penghargaan yang diberikan hukumpedia kepada para Sahabat Hukumpedia yang telah aktif. Hukumpedia mempunyai tujuh peringkat. Untuk mendapatkan peringkat tersebut para Sahabat Hukumpedia harus melalui tahap-tahap persyaratan untuk bisa mendapatkan peringkat tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa cek disini

 

Apa fungsi lencana dihukumpedia? 

Sebagai wujud dari penghargaan maka ada beberapa lencana yang diberikan kepada Sahabat Hukumpedia. Lencana tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu, Lencana Pengakuan dan Lencana Penghargaan. Lencana pengakuan diberikan khusus oleh admin dan Sahabat Hukumpedia bisa mengeceknya disini (link), sedangkan lencana penghargaan diberikan secara otomatis oleh sistem. Sahabat Hukumpedia akan mendapatkan lencana tersebut apabila memenuhi syarat-syarat untuk masing-masing lencana, sistem kami secara otomatis akan memberikan lencana yang ditaruh di halaman profil. Silahkan cek disini untuk Lencana Penghargaan dan Cek disini untuk Lencana Pengakuan