Ngopi Bareng Kumi 'Seluk Beluk Hak Cipta Dalam Kehidupan Sehari-hari'
Skor 0
by Kumipedia - 03/06/2014, 08:52

Dalam upaya untuk melindungi Hak atas Kekayaan Intelektual, Pemerintah Indonesia sejak 1982 telah mengeluarkan Undang-Undang tentang hak cipta yaitu Undang-undang Nomor 6 Tahun 1982 yang telah mengalami dua kali revisi melalui Undang-undang Nomor 7 Tahun 1987 dan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1997, kesemuanya ini adalah untuk melindungi karya cipta di bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra (scientific, literary and artistic works).

Meskipun telah ada Undang-undang No.19/2002 tentang Hak Cipta dan pemberlakuannya telah diberlakukan efektif sejak 29 Juli 2003, ternyata tidak membuat para pelanggar hak cipta jera. Salah satu dari bentuk pelanggaran itu adalah pembajakan DVD. Banyak DVD palsu yang ada di kalangan masyarakat justru filmnya belum diputar di studio secara resmi. Begitu tingginya peredaran DVD bajakan, bahkan sampai ke pelosok pedesaan.

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan, mengingat Indonesia adalah salah satu pihak dalam perjanjian TRIPs (Trade Related Aspect of Intellectual Property Rights) yaitu perjanjian Hak-Hak Milik Intelektual berkaitan dengan perdagangan dalam Badan Perdagangan Dunia (WTO) yang harus tunduk pada perjanjian internasional itu. Kendala utama yang dihadapi Indonesia dalam upaya perlindungan Hak akan Kekayaan Intelektual ini diantaranya adalah masalah penegakan hukum, di samping masalah-masalah lain seperti kesadaran masyarakat terhadap HAKI itu sendiri dan keadaan ekonomi masyarakat yang secara tidak langsung turut menyumbang bagi terjadinya pelanggaran itu. Akibat dari maraknya pembajakan DVD dan CD ini, Indonesia dihadapkan pada berbagai masalah, baik dari dunia Internasional maupun pada masyarakat Indonesia sendiri. Pengenaan sanksi oleh masyarakat Internasional merupakan suatu kemungkinan yang akan dihadapi oleh Indonesia.

Selain DVD bajakan Indonesia juga menghadapi potensi pelanggaran hak cipta karena masyarakat sering mengunduh lagu secara illegal. Perdebatan mengenai pelanggaran HAK Cipta terkait mengunduh lagu secara illegal ramai dibicarakan karena perusahaan rekaman menilai aksi ini membuat mereka rugi.

Direktur PT Musica Studio’s Gumilang Ramadhan, bahkan mengatakan kapada SWA online bahwa pihaknya kehilangan triliunan rupiah karena lagu diunduh secara ilegal. Sementara itu Menurut Menteri Perdagangan Indonesia Gita Wirjawan, kepada Kompas.com potensi kerugian industri musik Indonesia akibat pembajakan CD mencapai Rp 4,5 triliun per tahun. Padahal, jika nilai konsumsi musik per orang sebesar Rp 20.000 per tahun, nilai potensi konsumsi musik mencapai Rp 5 triliun per tahun. Selain masalah-masalah yang telah disebutkan diatas, ternyata masih ada sederet kasus-kasus pelanggaran Hak Cipta yang menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Melihat fenomena tersebut hukumpedia sengaja mengangkat tema Hak Cipta dalam Ngopi Bareng Kumi edisi Maret. Tema ini diangkat agar masyarakat mendapat edukasi dan pengetahuan mengenai hak cipta terkait dengan kehidupan sehari-hari.

Ngopi bareng Kumi adalah kegiatan yang dirancang hukumpedia untuk membahas topik hukum dengan tema-tema berbeda setiap sebulan sekali. Di acara ini, kumi mengundang Ari Juliano (@arijuliano) seorang Konsultan HAKI yang mana akan membahas berbagai persoalan dalam perlindungan hak atas kekayaan intelektual terutama dalam konteks perlindungan hak cipta di internet.

Pembahasan terkait Hak Cipta ini akan ditampilkan secara live di website hukumpedia pada Selasa, 11 Maret 2014 Jam 19:00 WIB. Selama pembahasan user hukumpedia atau audiens live streaming bisa bertanya melalui fasilitas komentar di hukumpedia.com ataupun melalui twitter dengan tagar #ngopibarengkumi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab langsung oleh pembicara secara live.

 

Dibaca 6437 kali
Dikategorisasi sebagai Kabar dari Imperium, Kekayaan Intelektual
Ditandai sebagai ngopi diskusi streaming
Dilisensi sebagai Atribusi (CC BY)
Kumipedia Penulis di Hukumpedia.com

Contact
Location
Posts 208
Topik Pilihan
Topik Terhangat
Artikel Hukumonline.com