Tips Mencari Gambar Yang Halal di Internet
Skor 0
by Anggara - 10/22/2014, 03:51

Pada saat ini, kalau menulis tanpa ada gambar rasanya kurang afdhol. Pada saat ini, hampir semua website menggunakan theme yang mengandalkan gambar sebagai salah satu daya penarik utama. Konten tulisan tanpa gambar itu rasanya seperti “sakitnya tuh disini”.

Ada banyak cara untuk melengkapi konten tulisan dengan sebuah gambar, salah satunya adalah membuat gambar itu sendiri. Tapi membuat gambar sendiri juga soal besar, karena belum tentu gambar yang kita punyai mewakili isi tulisan yang sedang dibuat. Kalau sudah begitu, maka alternative yang paling mungkin ya bertanya ke mbah gugel.

Tapi dengan UU Hak Cipta yang baru, mengunduh suatu gambar di internet dan kemudian menampilkannya ulang di website kita belum tentu merupakan suatu aktivitas yang halal. Bisa – bisa malah kena perkara, padahal belum tentu kita punya niat jahat atas pengambilan gambar tersebut.

Nah, untuk itu perlu suatu cara cerdik nan cerdas untuk memiliki gambar di internet dengan cara – cara yang halal. Misalnya mengunjungi situs – situs photo yang menyediakan foto – foto dengan lisensi creative commons. Salah satu situs berbagi foto dengan lisensi creative commons yang terkenal adalah flickr.

Tapi ada lagi situs berbagi foto yang jauh lebih halal, karena lisensi creative commonsnya menggunakan CC 0 yang berarti public domain. Si empunya foto melepaskan hak cipta dari karyanya untuk dianugerahkan kepada masyarakat. Keren kan.

Tapi masalahnya nggak gampang cari situs – situs yang menggunakan domain public itu, lebih mudah mencari gambar dengan lisensi creative commons yang lain

Nah, apa saja situs – situs itu? Silahkan coba situs – situs berikut ya

Unsplash, Pixabay, SplitShire, 1 Million Free Pictures, Viintage, Gratisography, Little Visuals, PDpics, The British Library, New Old Stock, Pickup Image, Public Domain Archive, dan skitterphoto

Dibaca 578 kali
Dikategorisasi sebagai Kekayaan Intelektual
Dilisensi sebagai Atribusi (CC BY)
Anggara Penulis di Hukumpedia.com

Bukan siapa2, cuma sekedar tukang cerita


Contact
Location
Posts 133
Topik Pilihan
Topik Terhangat
Artikel Hukumonline.com