Seri Peraturan Zaman Belanda: Staatsblad tahun 1848 Nomor 22
Skor 0
by A. Haryono - 10/19/2017, 07:34

Tulisan ini merupakan bagian pertama dari seri tulisan yang membahas peraturan-peraturan zaman belanda dulu yang masih berlaku dan cukup populer digunakan saat ini. kapan tulisan berikutnya itu tergantung apakah saya membutuhkan non-billable hours atau tidak.

Staatsblad tahun 1848 Nomor 22 bisa dikatakan sebagai salah satu peraturan zaman Belanda dulu yang paling populer, saking populernya peraturan ini, banyak yang typo hingga tahunnya pun berganti menjadi 1948. peraturan yang berupa ordonansi atau setara dengan undang-undang ini mengatur mengenai bunga wajib dan bunga atas kesepakatan para pihak.

Peraturan yang ditandatangani pada 30 Mei 1848 ini kadang memancing spekulasi penulis bahwa ini adalah peraturan kaget yang diterbitkan beberapa minggu setelah Reglement op de Burgerlijke Rechtsvordering (BRV) mulai berlaku, tapi itu cuma spekulasi penulis saja.

Paragraf pertama Staatsblad tahun 1848 Nomor 22 terlihat jelas ordonansi ini merujuk kerancuan pada Pasal 1767 BW yang berbunyi:

Ada bunga menurut undang-undang dan ada yang ditetapkan di dalam undang-undang. Bunga menurut undang-undang ditetapkan di dalam undang-undang. bunga yang diperjanjikan dalam perjanjian boleh melampaui bunga menurut undang-undang dalam segala hal yang tidak dilarang oleh undang-undang.

besarnya bunga yang diperjanjikan dalam perjanjian harus ditetapkan secara tertulis

Kerancuan itu muncul karena Pasal 1767 mengatur bahwa ada bunga yang ditetapkan oleh undang-undang, namun di sisi BW tidak mengatur berapa besaran bunga yang dimaksud, menjawab hal tersebut Ordonansi ini memberikan dua pasal untuk menjawab ketidakjelasan tersebut, dua pasal tersebut yaitu:

Art. 1. Dat de wettelijke interessen zullen zijn van ten honderd in de maand, of 6 ten honderd’s jaars, behoudens de gevallen, waarin de wettelijke bepalingen een hooger of ander bedrag hebben vastgesteld.

Art. 2. Dat, mer afschaffing, voor zoo ver noodig, van alle daartegen strijdige verordeningen, de hoegrootheid der bij overeenkomst te bedingen interessen, voortaan aan geene wettelijke beperking onderworpen zal zijn.

Merujuk pada Pasal 1 seperti yang umum diketahui bahwa besaran bunga yang ditetapkan oleh undang-undang sebesar satu persen sebulan atau enam persen setahun, atau bunga tersebut dihitung 1% perbulan dan maksimal selama satu tahun yaitu 6%.

Pasal 2 ordonansi ini mengatur mengenai aturan peralihan yang pada intinya mengatur peraturan yang bertentangan dengan peraturan ini harus disesuaikan. Peraturan ini memerintahkan agar ketentuan ini dipublikasikan dalam bahasa Belanda, Tionghoa dan Pribumi dan juga dipublikasikan di Javache Courant dan di Staatsblad van Nederlansch-Indië.

Demikian tulisan ini, apabila ada kesalahan dalam penulisan ini mohon agar rekan-rekan dapat komentar dan kritik saya.

Link peraturan: https://drive.google.com/file/d/0By6SzqOo02VEYWxJcEdOYW5Hd2FKNC1Ea09yamh5MWZHRzMw/view?usp=sharing

Dibaca 35 kali
Dilisensi sebagai Atribusi (CC BY)
A. Haryono Tamu di Hukumpedia.com

Praktisi hukum dengan cinta pada hukum perdata dan penyelesaian sengketa. Senang dengan segala hal yang berbau ilmiah dan fans berat Carl Sagan. Hubungi saya di Aby.haryono@gmail.com.


Contact
Location Kota Pekanbaru
Posts 0
Topik Pilihan
Topik Terhangat
Artikel Hukumonline.com